Apa itu SSD dan Penjelasan lengkap mengenai SSD

Pekakomputer - Seiring dengan perkembangan zaman maka bidang teknologi pun mengikuti perkembangan. Salah satunya yaitu alat media penyimpanan seperti HardDisk atau yang sering kita kenal dengan sebutan HDD.
Selama ini HardDisk menjadi standart media penyimpanan untuk PC maupun Laptop. Namun kini popularitas HardDisk tersingkir dengan kemunculan SSD dikarenakan kecepatan transfer atau menerima data yang lebih cepat dan pastinya lebih awet dan minim data hilang.

1. Penjelasan Mengenai SSD.
Solid State Drive atau disingkat SSD adalah media penyimpanan data yang menggunakan chip memori dengan teknologi NAND (Non-Volatile) dan tidak menggunakan piringan magnetis dalam pemrosesan data.

2. Prinsip Kerja SSD.
SSD dalam pemrosesan data dilakukan secara elektrik dan Non-Volatile berarti memori tersebut tetap menyimpan data walau suplai tegangan dimatikan. Pada SSD tidak terdapat piringan akan tetapi menggunakan Intergrated Circuit atau IC.

3. Kecepatan Pemrosesan Data.
Kecepatan pemrosesan data dalam SSD 8 kali jauh lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan proses data dalam HDD. Apabila PC atau Laptop yang menggunakan HDD biasanya memakan waktu beberapa menit namun ketika menggunakan SSD cukup hitungan detik saja dalam proses booting.

4. Lebih Aman.
Menurut saya dan beberapa orang berpendapat bahwa SSD jauh lebih aman dibandingkan dengan HardDisk.Alasan pertama yaitu tidak adanya proses mekanik dalam pemrosesan data (Piringan Magnetis). Bayangkan saja jika menggunakan piringan, maka dalam setiap proses data piringan tersebut akan berputar terus menerus sehingga menimbulkan panas, lebih parah lagi apabila terjadi listrik mati atau apapun yang menyebabkan HardDisk berhenti dengan paksa yang bisa menyebabkan Bad Sector.
Alasan kedua karena SSD tahan banting dan tahan getaran. HardDisk yang sedang bekerja saat terkena getarab secara terus menerus akan mengalami kerusakan mekanik, hal ini tidak akan terjadi kepada SSD.

5. Kapasitas Penyimpanan.
Ada beberapa ukuran kapasitas penyimpanan SSD.
  • SSD kapasitas 120 GB.
  • SSD kapasitas 128 GB.
  • SSD kapasitas 240 GB.
  • SSD kapasitas 250 GB.
  • SSD kapasitas 500 GB.
  • SSD kapasitas 1000 GB.

Disarankan menggunakan SSD saat mau build PC maupun Laptop, karena SSD walau harganya lebih mahal akan tetapi SSD menawarkan performa yang jauh lebih cepat dan pastinya lebih banyak kelebihan lain yang dimiliki SSD.

Bagaimana pendapat anda mengenai SSD? apakah anda akan berencana menggunakan atau upgrade ke SSD? share pengalamanmu di kolom komentar ya :) 

Share this